CERTIFICATION
Refine Search
CEC
Christian Educator Certification
Upcoming CEC Modular Schedule
Description:
Sertifikasi Pendidik Kristen menggabungkan modul dasar Pendidikan dan Kekristenan dengan tiga pilihan jalur Program Sertifikasi Dasar – BCP, Program Sertifikasi Guru (TCP) dan Program Sertifikasi Kepala Sekolah (PCP), masing-masing terdiri dari 4 modul. Tujuannya adalah untuk memperlengkapi tiap individu sebagai Pendidik Kristen dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperlukan untuk mengembangkan Pendidikan Kristen yang efektif di Indonesia.
CEC angkatan I dimulai di Surabaya dan Jakarta pada tahun 2005 untuk program Sertifikasi Guru (TCP) dan kemudian diikuti dengan jalur untuk Kepala Sekolah (PCP) pada angkatan-angkatan selanjutnya. Karena kebutuhan yang terus meningkat untuk mengadakan CEC di kota-kota lain, maka sejak 2008 hingga saat ini, TCP juga diadakan di Denpasar, Pontianak, Bandung, Palembang, Jayapura dan Solo. Di masing-masing kota sedikitnya 30 peserta menghadiri CEC. Mulai tahun 2018, empat (4) Program Sertifikasi Dasar (BCP) juga ditawarkan via layanan daring.
Program CEC – M.Ed. merupakan kelanjutan dari program CEC, dan disediakan oleh ACSI Indonesia sejak 2010. Program yang diluncurkan pada Februari 2010 ini merupakan bentuk kolaborasi antara ACSI Indonesia dan Morling College) New South Wales, Australia (lihat: Master of Education – Leadership).
Christian Educator Certification combines basic modules of Education and Christianity with three paths Basic Certification Program (BCP), Teacher Certification Program (TCP) and Principal Certification Program (PCP), each consisting of 4 modules. The purpose is to equip individuals as Christian Educators with knowledge, skills and attitude needed to develop an effective Christian Education in Indonesia.
CEC cycle I was started in Surabaya and Jakarta in 2005 for Teacher Certification program (TCP) and then followed by Principal Certification Program (PCP) as the cycles continues. The need has been increasing to set up CEC in other cities. Since 2008, TCP is also provided in Denpasar, Pontianak, Bandung, Palembang and Jayapura. In each city at least 30 participants attend the CEC. Starting 2018, four 4 modules of Basic Certification Program (BCP) is offered via online platform.
CEC – M.Ed. program is an advancement of the program that had established by ACSI Indonesia since 2010. The program that was launched at February 2010 is a form of collaboration between ACSI Indonesia and Morling College New South Wales, Australia (see: Master of Education – Leadership).
CEC Programs:
Basic Certification Program (BCP): 4 Modules
-
Bible Background
- Sebuah studi tentang latar belakang keseluruhan 66 Kitab di dalam Alkitab.
- A study of the background of all 66 books in the Bible.
-
Current Trends in Education
- Mempelajari tentang isu-isu kontemporer di dalam dan di luar dunia pendidikan yang sedang menjadi trend maupun yang sedang muncul dan yang mempengaruhi pendidikan, khususnya pendidikan Sekolah Kristen. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mengkaji isu-isu kontemporer tersebut secara cermat dalam perspektif Kristiani dalam rangka membangun praksis pendidikan yang Alkitabiah di abad ke-21 ini. Dalam modul ini, trend-trend dikelompokkan menjadi trend-trend demografis, teknologi, ekonomi, politik, sosial, lingkungan hidup, dan pendidikan.
- A study about contemporary issues inside and outside educational area which are considered as trend or is happened nowadays and those which affect education, specifically Christian School Education. The objective of this module is to critically examine those contemporary issues through Christian perspective to create a biblical educational praxis in this 21st century. In this module, trends ae categorize into demographic, technological, economic, politic, social, environment and educational trends.
-
Curriculum Theory & Development
- Kuliah tentang dasar-dasar proses pengembangan kurikulum. Masing-masing peserta akan mengembangkan sebuah kurikulum yang memenuhi kebutuhan mengajarnya.
- A study of the fundamentals of a curriculum development process. The participants will develop a curriculum that fits their teaching needs.
-
Foundations & Philosophy of Christian School Education
- Sebuah studi tentang konsep-konsep pendidikan, termasuk di dalamnya pengertian tentang dinamika proses pembelajaran Kristen, pandangan tentang murid menurut sudut pandang Alkitab, dan peran Roh Kudus dalam sekolah Kristen. Mata kuliah ini juga mendiskusikan implikasi pengertian pendidikan Kristen di sekolah. Modul ini membahas perkembangan sejarah, filosofi, dan teologi dalam cakupan pelayanan pendidikan Kristen serta berfokus kepada tren-tren dan isu-isu kontemporer yang akan menolong peserta memformulasikan filosofi pendidikan Kristen mereka sendiri.
- A study of Christian concepts of education, including the understanding of the dynamic of Christian learning process, the student according to the biblical point of view, and the role of the Holy Spirit in Christian education. This study also discusses the implications of a Christian understanding of education in the school. This module covers the development of history, philosophy, and theology within the scope of Christian education ministry. It will focus on the new trends and contemporary issues that will help participants in formulating their own Christian philosophy of education.
Teacher Certification Program (TCP): 4 Modules
-
Evaluation of Learning
- Kuliah tentang filsafat, prinsip-prinsip, strategi, dan teknik pengukuran proses belajar-mengajar. Kuliah ini juga akan membahas tentang tujuan dari sebuah evaluasi pendidikan dan penerapannya sesuai dengan taksonomi Bloom (kognitif, afektif, dan psiko-motoris) dan teori kecerdasan majemuk. Tiap peserta akan mengembangkan sebuah alat ukur untuk mata pelajaran pilihannya.
- A study of measurement philosophy, principles, strategy, and techniques for a teaching-learning process. It also includes the discussion of the goal of an educational evaluation and its implementation according to Bloom’s taxonomy (cognitive, affective, and psychomotor) and multiple intelligences theories. Each participant will develop an evaluation instrument for a particular subject.
-
Teaching Exceptional Learners
- Pembelajaran adalah kebutuhan penting semua orang dan adalah misi penting kebanyakan sekolah. Namun demikian banyak murid dari segala usia mempunyai kesulitan belajar di sekolah, di samping kecerdasan yang cukup, penyesuaian sosial, dan tugas-tugas sekolah yang dihadapi. Karena pembelajaran bersifat tidak terlihat, masalah-masalah pembelajaran tidak mudah dikenali, dimengerti, atau dihadapi. Modul ini memperkenalkan beberapa ide, prinsip, dan kata-kata penting yang digunakan untuk menggambarkan pembelajaran dan masalah-masalah belajar.
- Learning is an essential need of all people and is the essential mission of most schools. Yet large numbers of students of all ages have difficulty learning in school, despite adequate intelligence, social adjustment, and exposure to schoolwork. Because learning is invisible, problems with learning are not easy to recognize, understand, or address. This module introduces some important ideas, principles, and words used to describe learning and problems with learning.
-
Human Development, Learning & Early Childhood Education
- Sebuah eksplorasi perkembangan fisik, kognitif, moral, psikososial, dan iman seorang manusia mulai dari sebelum lahir sampai kematian. Kuliah ini juga didesain untuk mengeksplorasi konsep, model, dan penerapan pendidikan anak usia dini, termasuk tempatnya dalam kehidupan komunitas.
- An exploration of the physical, cognitive, moral, psychosocial, and faith development of a person from pre-natal period until death. This course is also designed to explore the concepts, the model, and the implementation of early childhood education. It discusses also its place in the community life.
-
Models of Teaching
- Sebuah eksplorasi tentang berbagai strategi instruksional untuk konteks Indonesia demi peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Kuliah ini juga mencakup pembahasan-pembahasan tentang collaborative learning, inquiry approach, active learning, dan model-model pembelajaran lainnya. Modul ini bermanfaat untuk para pendidik Kristen: baik untuk Guru Sekolah Kristen maupun Guru Sekolah Minggu.
- An exploration of various instructional strategies for Indonesian context in order to improve the quality of learning in the classroom. The study includes collaborative learning, inquiry approach, active learning, and other learning models. This module offers benefits to Christian educators such as Christian School Teachers or Sunday School Teachers.
Principal Certification Program (PCP): 4 Modules
-
School Finance and Business Management
- Mata kuliah ini akan menelaah kebijakan-kebijakan dan praktek-praktek yang diperlukan bagi kelangsungan sebuah institusi yang sehat. Termasuk di dalamnya tentang penyusunan anggaran yang efektif, perencanaan keuangan dan manajemen, juga kebijakan-kebijakan bisnis yang benar dari perspektif alkitabiah.
- This course examines the policies and practices necessary for a healthy institution. It includes effective budgeting, financial planning and management, as well as sound business policies from a biblical perspective.
-
Fundraising and Development
- Perkembangan yang digerakkan oleh misi menandakan bahwa semua pelaksanaan kegiatan, termasuk mempertahankan siswa di sekolah, menggerakkan para donator, permintaan dana melalui surat, dan kampanye untuk menggalang modal harus sejalan dengan misi sekolah dan dilakukan dengan pendekatan dari perspektif alkitabiah. Tugas utama pimpinan sekolah adalah memastikan integritas dan pelaksanaan sekolah yang efektif sementara dana digalang untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Modul ini bermanfaat untuk organisasi sekolah Kristen, gereja, serta organisasi Kristiani lainnya.
- Mission driven development implies that all practices of student retention, donor cultivation, direct mailing, and capital campaigns are in line with the mission of the school and approached from a biblical perspective. It is the chief administrator’s responsibility to insure integrity and effective school practices as money is raised to achieve articulated goals. This module offers benefits for Christian school organizations, churches and other Christian organizations.
-
Indonesian School Laws
- Kuliah ini akan membahas undang-undang, praktek-praktek dan tren-tren hukum dalam negara ini serta keputusan-keputusan pengadilan yang membawa dampak bagi program-program dan kebijakan pendidikan. Kuliah ini melingkupi isu personalia, kepemilikan legal, kurikulum yang dinasionalkan dan penilaian yang distandarkan, juga hak-hak privasi dan masalah keberhutangan.
- This course addresses legal practices and trends within the country along with court decisions that impact educational programs and policies. It covers personnel employment issues, legal ownership, nationalized curriculum and standardized assessment as well as rights of privacy and liability concerns.
-
Supervision & Leadership
- Kuliah ini dirancang untuk mempelajari teori dan praktek kepemimpinan kependidikan. Penekannya diletakkan kepada adopsi dan pelaksanaan sebuah model supervisi pribadi. Juga akan membahas manajemen SDM, antara lain: proyeksi kebutuhan guru, rekrutmen guru, asesmen guru yang dikaitkan dengan struktur gaji, dan jenjang karir guru.
- This course is designed to examine the theory and practice of educational leadership. A strong emphasis will be placed on the adoption and implementation of a personal model for school supervision. It discusses also Human Resource Management, i.e. projecting the need for teachers, recruitment, teacher assessment in relation to salary structure, and career advancement.
CEC Cycle XVI
Pendaftaran CEC XVI
coming soon...
- CEC Online
ACSI Indonesia mempunyai komitmen untuk memberdayakan Pendidik Kristen di Indonesia, khususnya yang ada di luar Jakarta dan Surabaya. Untuk itu kami menawarkan kesempatan untuk mengikuti Program Christian Educator Certification (CEC) - Basic Certification Program (BCP) secara daring (online).
Modul-modul BCP meliputi :
- Foundation and Philosophy of Christian School Education
- Bible Background
- Current Trends in Education
- Curriculum Theory and Development.
ACSI Indonesia is committed to empower Christian Educators in Indonesia, specifically those who are living outside Jakarta and Surabaya. Thus, we offer an opportunity to join Christian Educator Certifcation (CEC) Program – Basic Certification Program (BCP) via online.
BCP Modules are:
- Foundation and Philosophy of Christian School Education
- Bible Background
- Current Trends in Education
- Curriculum Theory and Development.
CARA MENDAFTAR CEC Online
- Masuk ke http://elearning.acsi.id/
- Kemudian klik "Daftar" di bagian kanan atas.
- Silakan isi formulir pendaftaran yang tersedia.
Tampilan Halaman Pendaftaran
1. gambar halaman http://elearning.acsi.id/
2. gambar halaman pengisian form
DEMO AKUN
Berikut detail demo akun:
username: demo_acsi@mailinator.com
password: Acsi_123
Cara login:
1. Akses: https://harukaedu-lms.harukaedu.com/login
2. Login dengan akun demo
3. Akses demo modul yang tersedia.
Putar dan lihat video promo CEC Online Kami di Youtube :
Watch our CEC Online promotion video on Youtube:
ACSI - Video Promo Christian Educator Certification (CEC) - Online
Untuk informasi lebih lanjut silakan mengirim email ke: cec@acsi.id
For further information please email: cec@acsi.id
VALIDATION
VALIDASI / VALIDATION
Panduan prosedur Validasi Penyelenggara Modul CEC dan Program Gelar Individu bisa didapatkan di sini
1.1. Validasi sebagai Penyelenggara Modul CEC
Sekolah anggota ACSI yang sedang dalam proses akreditasi atau sudah terakreditasi dapat mengajukan diri untuk mendapatkan persetujuan atas kelas-kelas yang diadakan secara internal agar dapat memenuhi sebagian dari persyaratan sertifikasi ACSI.
Untuk menjadi penyelenggara modul, pemohon harus menyerahkan Formulir Validasi Institusi dan biaya Pendaftaran serta menyetujui Pernyataan Iman ACSI. Biaya untuk Validasi CEC berlaku selama dua tahun. Silakan mengisi aplikasi digital di sini
1.2. Validasi Program Gelar Individu
Bagi Anda yang telah menyelesaikan Strata 1, Strata 2 dan/atau Doktoral dari universitas yang telah terdaftar Higher Education Approval Program (HEAP), Anda berkesempatan untuk memvalidasi sertifikat program gelar Anda menjadi Sertifikat Standar atau Sertifikat Profesional ACSI. Lihat daftar Universitas yang diakui HEAP di sini.
Setiap individu diminta untuk mengunggah salinan ijazah dan transkrip nilai dari program gelar yang akan diajukan untuk divalidasi. Silakan mengisi aplikasi digital di sini. Biaya validasi yang dikenakan akan dihitung berdasarkan jumlah sertifikat yang divalidasi.
1.3. Validasi Modular
Mata Kuliah Program Strata Satu, Program Master, dan Program Doktor universitas yang telah terdaftar Higher Education Approval Program (HEAP) atau Universitas Kristen dapat diakui sebagai Modul BCP, TCP dan/atau PCP. Konversi dari setiap mata kuliah akan dievaluasi dan disetujui berdasarkan isi, jumlah jam belajar, dan biodata akademik dari instruktur. Dengan demikian, salinan silabus, transkrip akademik dan kredential instruktur (atau CV jika mungkin) diserahkan ke ACSI Indonesia.
Lihat daftar Universitas yang diakui HEAP di sini.
Silakan mengisi aplikasi digital di sini. Ada biaya yang dikenakan untuk validasi setiap topik.
Informasi lebih lengkap: cec@acsi.id
Download the Validation procedure guidelines for CEC Modules Provider and Individual Degree Program here
1.1. Validation to be a Provider of CEC Modules
ACSI member Christian schools who apply for ACSI accreditation or ACSI accredited member Christian schools can have modules and courses approved in order to provide partial fulfillment of ACSI certification requirements.
To become a module provider, the applicant must submit an initial application with the application fee and agrees to the ACSI Statement of Faith. The application fee for CEC Validation is good for two years. Please fill in the digital application here.
1.2. Validation of Individual Degree Program
For those who have acquired Undergraduate/Bachelor, Graduate/Master and/or Post-Graduate/Doctor from universities listed in Higher Education Approval Program (HEAP), are given an opportunity to validate their degree program certificate into ACSI Standard Certificate or Professional Certificate. Check HEAP Universities list here.
Each applicant is required to upload a copy of the certificate and an official transcript of the degree program to be validated. Please fill in the digital application here. The validation fee will be charged based on the number of certificates validated.
1.3. Modular Validation
Bachelor Program Courses, Master Program Courses, and Doctorate Program Courses from Higher Education Approval Program (HEAP) listed Universities or Christian Universities can be approved as BCP, TCP and/or TCP Modules. The conversion of each course will be evaluated and approved based on the content, learning hours, and instructor credential. Therefore, a copy of syllabus, academic transcript and instructor’s credential (or CV if possible) should be submitted to ACSI Indonesia.
Check HEAP Universities list here.
Please fill in the digital application here. The modular validation fee will be charged based on the topics validated.
For further information: cec@acsi.id