CEC
Christian Educator Certification

Table of Contents
CEC Schedule
Description
Sertifikasi Pendidik Kristen menggabungkan modul dasar Pendidikan dan Kekristenan dengan tiga pilihan jalur Program Sertifikasi Dasar – BCP, Program Sertifikasi Guru (TCP) dan Program Sertifikasi Kepala Sekolah (PCP), masing-masing terdiri dari 4 modul. Tujuannya adalah untuk memperlengkapi tiap individu sebagai Pendidik Kristen dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk mengembangkan Pendidikan Kristen yang efektif di Indonesia.
CEC angkatan I dimulai di Surabaya dan Jakarta pada tahun 2005 untuk program Sertifikasi Guru (TCP) dan kemudian diikuti dengan jalur untuk Kepala Sekolah (PCP) pada angkatan-angkatan selanjutnya. Karena kebutuhan yang terus meningkat untuk mengadakan CEC di kota-kota lain, maka sejak 2008 hingga saat ini, TCP juga diadakan di Denpasar, Pontianak, Bandung, Palembang, Jayapura dan Solo. Di masing-masing kota sedikitnya 30 peserta menghadiri CEC. Mulai tahun 2018, empat (4) Program Sertifikasi Dasar (BCP) juga ditawarkan via layanan daring.
……
informasi lengkap, kunjungi CEC-Master Program
atau email ke: cec@acsi.id
Christian Educator Certification combines basic modules of Education and Christianity with three paths Basic Certification Program (BCP), Teacher Certification Program (TCP) and Principal Certification Program (PCP), each consisting of 4 modules. The purpose is to equip individuals as Christian Educators with knowledge, skills and attitude needed to develop an effective Christian Education in Indonesia.
CEC cycle I was started in Surabaya and Jakarta in 2005 for Teacher Certification program (TCP) and then followed by Principal Certification Program (PCP) as the cycle continues. The need has been increasing to set up CEC in other cities. Since 2008, TCP has also been provided in Denpasar, Pontianak, Bandung, Palembang and Jayapura. In each city at least 30 participants attend the CEC. Starting 2018, four 4 modules of Basic Certification Program (BCP) are offered via an online platform.
……
for more information, go to CEC-Master Program
or mail us to: cec@acsi.id
CEC Programs
Basic Certification Program (BCP): 4 Modules




Sebuah studi tentang konsep-konsep pendidikan, termasuk di dalamnya pengertian tentang dinamika proses pembelajaran Kristen, pandangan tentang murid menurut sudut pandang Alkitab, dan peran Roh Kudus dalam sekolah Kristen. Mata kuliah ini juga mendiskusikan implikasi pengertian pendidikan Kristen di sekolah. Modul ini membahas perkembangan sejarah, filosofi, dan teologi dalam cakupan pelayanan pendidikan Kristen serta berfokus kepada tren-tren dan isu-isu kontemporer yang akan menolong peserta memformulasikan filosofi pendidikan Kristen mereka sendiri.
A study of Christian concepts of education, including the understanding of the dynamic of Christian learning process, the student according to the biblical point of view, and the role of the Holy Spirit in Christian education. This study also discusses the implications of a Christian understanding of education in the school. This module covers the development of history, philosophy, and theology within the scope of Christian education ministry. It will focus on the new trends and contemporary issues that will help participants in formulating their own Christian philosophy of education.
Sebuah studi tentang latar belakang keseluruhan 66 Kitab di dalam Alkitab.
A study of the background of all 66 books in the Bible.
Kuliah tentang dasar-dasar proses pengembangan kurikulum. Masing-masing peserta akan mengembangkan sebuah kurikulum yang memenuhi kebutuhan mengajarnya.
A study of the fundamentals of a curriculum development process. The participants will develop a curriculum that fits their teaching needs.
Mempelajari tentang isu-isu kontemporer di dalam dan di luar dunia pendidikan yang sedang menjadi trend maupun yang sedang muncul dan yang mempengaruhi pendidikan, khususnya pendidikan Sekolah Kristen. Tujuan mata kuliah ini adalah untuk mengkaji isu-isu kontemporer tersebut secara cermat dalam perspektif Kristiani dalam rangka membangun praksis pendidikan yang Alkitabiah di abad ke-21 ini. Dalam modul ini, trend-trend dikelompokkan menjadi trend-trend demografis, teknologi, ekonomi, politik, sosial, lingkungan hidup, dan pendidikan.
A study about contemporary issues inside and outside educational area which are considered as trend or is happened nowadays and those which affect education, specifically Christian School Education. The objective of this module is to critically examine those contemporary issues through Christian perspective to create a biblical educational praxis in this 21st century. In this module, trends ae categorize into demographic, technological, economic, politic, social, environment and educational trends.
Teacher Certification Program (TCP): 4 Modules




Sebuah eksplorasi perkembangan fisik, kognitif, moral, psikososial, dan iman seorang manusia mulai dari sebelum lahir sampai kematian. Kuliah ini juga didesain untuk mengeksplorasi konsep, model, dan penerapan pendidikan anak usia dini, termasuk tempatnya dalam kehidupan komunitas.
An exploration of the physical, cognitive, moral, psychosocial, and faith development of a person from pre-natal period until death. This course is also designed to explore the concepts, the model, and the implementation of early childhood education. It discusses also its place in the community life.
Sebuah eksplorasi tentang berbagai strategi instruksional untuk konteks Indonesia demi peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Kuliah ini juga mencakup pembahasan-pembahasan tentang collaborative learning, inquiry approach, active learning, dan model-model pembelajaran lainnya. Modul ini bermanfaat untuk para pendidik Kristen: baik untuk Guru Sekolah Kristen maupun Guru Sekolah Minggu.
An exploration of various instructional strategies for Indonesian context in order to improve the quality of learning in the classroom. The study includes collaborative learning, inquiry approach, active learning, and other learning models. This module offers benefits to Christian educators such as Christian School Teachers or Sunday School Teachers.
Kuliah tentang filsafat, prinsip-prinsip, strategi, dan teknik pengukuran proses belajar-mengajar. Kuliah ini juga akan membahas tentang tujuan dari sebuah evaluasi pendidikan dan penerapannya sesuai dengan taksonomi Bloom (kognitif, afektif, dan psiko-motoris) dan teori kecerdasan majemuk. Tiap peserta akan mengembangkan sebuah alat ukur untuk mata pelajaran pilihannya.
A study of measurement philosophy, principles, strategy, and techniques for a teaching-learning process. It also includes the discussion of the goal of an educational evaluation and its implementation according to Bloom’s taxonomy (cognitive, affective, and psychomotor) and multiple intelligences theories. Each participant will develop an evaluation instrument for a particular subject.
Pembelajaran adalah kebutuhan penting semua orang dan adalah misi penting kebanyakan sekolah. Namun demikian banyak murid dari segala usia mempunyai kesulitan belajar di sekolah, di samping kecerdasan yang cukup, penyesuaian sosial, dan tugas-tugas sekolah yang dihadapi. Karena pembelajaran bersifat tidak terlihat, masalah-masalah pembelajaran tidak mudah dikenali, dimengerti, atau dihadapi. Modul ini memperkenalkan beberapa ide, prinsip, dan kata-kata penting yang digunakan untuk menggambarkan pembelajaran dan masalah-masalah belajar.
Learning is an essential need of all people and is the essential mission of most schools. Yet large numbers of students of all ages have difficulty learning in school, despite adequate intelligence, social adjustment, and exposure to schoolwork. Because learning is invisible, problems with learning are not easy to recognize, understand, or address. This module introduces some important ideas, principles, and words used to describe learning and problems with learning.
Principal Certification Program (PCP): 4 Modules




Kuliah ini dirancang untuk mempelajari teori dan praktek kepemimpinan kependidikan. Penekannya diletakkan kepada adopsi dan pelaksanaan sebuah model supervisi pribadi. Juga akan membahas manajemen SDM, antara lain: proyeksi kebutuhan guru, rekrutmen guru, asesmen guru yang dikaitkan dengan struktur gaji, dan jenjang karir guru.
This course is designed to examine the theory and practice of educational leadership. A strong emphasis will be placed on the adoption and implementation of a personal model for school supervision. It discusses also Human Resource Management, i.e. projecting the need for teachers, recruitment, teacher assessment in relation to salary structure, and career advancement.
Mata kuliah ini akan menelaah kebijakan-kebijakan dan praktek-praktek yang diperlukan bagi kelangsungan sebuah institusi yang sehat. Termasuk di dalamnya tentang penyusunan anggaran yang efektif, perencanaan keuangan dan manajemen, juga kebijakan-kebijakan bisnis yang benar dari perspektif alkitabiah.
This course examines the policies and practices necessary for a healthy institution. It includes effective budgeting, financial planning and management, as well as sound business policies from a biblical perspective.
Kuliah ini akan membahas undang-undang, praktek-praktek dan tren-tren hukum dalam negara ini serta keputusan-keputusan pengadilan yang membawa dampak bagi program-program dan kebijakan pendidikan. Kuliah ini melingkupi isu personalia, kepemilikan legal, kurikulum yang dinasionalkan dan penilaian yang distandarkan, juga hak-hak privasi dan masalah keberhutangan.
This course addresses legal practices and trends within the country along with court decisions that impact educational programs and policies. It covers personnel employment issues, legal ownership, nationalized curriculum and standardized assessment as well as rights of privacy and liability concerns.
Perkembangan yang digerakkan oleh misi menandakan bahwa semua pelaksanaan kegiatan, termasuk mempertahankan siswa di sekolah, menggerakkan para donator, permintaan dana melalui surat, dan kampanye untuk menggalang modal harus sejalan dengan misi sekolah dan dilakukan dengan pendekatan dari perspektif alkitabiah. Tugas utama pimpinan sekolah adalah memastikan integritas dan pelaksanaan sekolah yang efektif sementara dana digalang untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Modul ini bermanfaat untuk organisasi sekolah Kristen, gereja, serta organisasi Kristiani lainnya.
Mission driven development implies that all practices of student retention, donor cultivation, direct mailing, and capital campaigns are in line with the mission of the school and approached from a biblical perspective. It is the chief administrator’s responsibility to insure integrity and effective school practices as money is raised to achieve articulated goals. This module offers benefits for Christian school organizations, churches and other Christian organizations.
FAQ's
Program CEC dirancang berdasarkan sebuah pemahaman bahwa Pendidik adalah sebuah pekerjaan mulia yang sangat berdampak, yang harus dianggap serius. Alkitab bahkan tercatat menekankan keseriusan itu dalam 3 bagian Injil; Matius 18: 6, Markus 9: 42, dan Lukas 17: 2. Oleh karena itu seorang pendidik Kristen perlu untuk benar-benar diperlengkapi dengan dasar pemahaman tentang Pendidikan Kristen, cara pandang Alkitabiah, serta komunitas bertumbuh bersama.
Program CEC dibuat untuk dapat memperlengkapi para pendidik Kristen, baik guru, kepala sekolah, pengurus yayasan, praktisi pendidikan bahkan siapa saja yang rindu mengerti pergumulan dunia pendidikan. Setiap modul CEC terintegrasi dengan Alkitab dan dibawakan oleh fasilitator-fasilitator Kristen yang berpengalaman dan ahli di bidangnya masing-masing.
Sampai saat ini, kami terus mengusahakan agar sertifikasi ACSI bisa diakui oleh pemerintah Indonesia. Kendati demikian, sertifikasi ACSI bisa menjadi nilai tambah ketika Anda melayani di sekolah Kristen yang terakreditasi ACSI baik di Indonesia dan di dunia.
Setiap individu yang:
- Sudah menyelesaikan S1.
- Tertarik/aktif mengajar/melayani di dunia pendidikan.
- Punya semangat untuk memperlengkapi dan mengembangkan diri.
- Pribadi Kristen yang sudah lahir baru.
Basic Certification Program (BCP) – 4 modul
Penjelasan modul klik di sini
- Foundation and Philosophy of Christian School Education
- Bible Background
- Curriculum Theory and Development
- Current Trends in Education
Teacher Certification Program (TCP) – 4 modul
Penjelasan modul klik di sini
- Human Development, Learning, and Early Childhood Education
- Models of Teaching
- Evaluation of Learning
- Teaching Exceptional Learners
Principal Certification Program (PCP) – 4 modul
Penjelasan modul klik di sini
- Supervision and Leadership
- School Finance and Business Management
- Indonesian School Laws
- Fundraising and Development
Basic Certification Program (BCP) terdiri dari modul-modul yang kami yakini perlu dipelajari oleh siapa pun yang melayani di dunia pendidikan, khususnya dunia pendidikan Kristen.
Teacher Certification Program (TCP) terdiri dari modul-modul yang kami percaya dapat berguna dan membantu para guru untuk menghadirkan sebuah pengajaran yang transformational di dalam kelas. Namun, bukan berarti seorang kepala sekolah tidak boleh mengambil modul ini. Adalah baik bagi seorang kepala sekolah untuk juga memahami tanggung jawab seorang guru.
Principal Certification Program (PCP) terdiri dari modul-modul yang kami percaya dapat berguna dan membantu para kepala sekolah, pimpinan sekolah, dan bahkan anggota yayasan sekolah untuk lebih lebih diperlengkapi dalam memimpin sekolah dan menjadikannya terus bertumbuh dan berkembang.
Jika Anda bisa berkomitmen dalam jangka panjang, Anda bisa memilih untuk mengambil paket. Namun, jika Anda belum bisa berkomitmen untuk secara rutin mengikuti semua kelas dalam satu paket, mengambil modul satuan bisa menjadi pilihan terbaik Anda.
- Dengan mengikuti total 8 MODUL (4 BCP dan 4 TCP atau PCP)
Peserta akan mendapatkan Sertifikat Standar ACSI dengan masa berlaku 5 tahun.
- Dengan mengikuti total 4 MODUL BCP
Peserta akan mendapatkan Sertifikat Basic ACSI dengan masa berlaku 2 tahun.
- Dengan mengikuti total 4 MODUL TCP atau PCP
Peserta akan mendapatkan 4 lembar Sertifikat Modular setelah yang bersangkutan menyerahkan semua tugas modul, dan disarankan untuk mengambil 4 MODUL BCP untuk mendapat Sertifikat Standar ACSI.
- Dengan mengikuti MODUL SATUAN
Peserta akan mendapatkan Sertifikat modular setelah yang bersangkutan menyerahkan semua tugas dari modul yang telah diikuti.
Penjelasan lengkap tentang jenis-jenis sertifikat ACSI ada di acsi.id/cec-ceu
Peserta paket 8 MODUL (4 BCP dan 4 TCP atau PCP)
- Mengikuti semua modul (8 modul) secara penuh.
- Mengerjakan dan menyerahkan semua tugas modul.
- Lengkap administrasi (form pendaftaran dan lunas biaya program).
- Melakukan dan menyerahkan laporan Teaching Clinic
- Mengikuti Retreat Refleksi dan Perencanaan Strategis.
Peserta paket 4 MODUL BCP
- Mengikuti semua modul (4 modul) secara penuh.
- Mengerjakan dan menyerahkan semua tugas modul.
- Lengkap administrasi (form pendaftaran dan lunas biaya program).
- Mengikuti Retreat Refleksi dan Perencanaan Strategis.
Peserta paket 4 MODUL TCP atau PCP dan MODUL SATUAN hanya dinyatakan telah mengikuti modul namun tidak dapat dinyatakan lulus dari program CEC.
Kelas BCP diselenggarakan secara online dengan menggunakan platform Pintar.
- 1 modul diselesaikan dalam 4 minggu.
- Materi untuk setiap minggu (berupa video dan handout) diakses melalui LMS.
- Ada 2 cara interaksi peserta dengan fasilitator yang diberikan: asinkronus (tanya-jawab melalui fitur diskusi di LMS) dan sinkronus (via Zoom)
- Setiap minggunya, interaksi sinkronus dilakukan di akhir pekan dengan durasi 60 menit. Jadwal pertemuan dibagikan di setiap awal modul dan bersifat wajib untuk diikuti.
- Tugas modul diunggah melalui LMS dengan tenggat waktu pengerjaan selama 2 bulan sejak tanggal pertemuan terakhir.
Kelas TCP dan PCP diselenggarakan secara hybrid dengan menggunakan platform Google Classroom.
- 1 modul diselesaikan dalam 4 minggu.
- Materi untuk setiap minggu (berupa video dan handout) diakses melalui Google Classroom.
- Ada 2 cara interaksi peserta dengan fasilitator yang diberikan: asinkronus (tanya-jawab melalui G-Classroom) dan sinkronus (via Zoom)
- Interaksi sinkronus dilaksanakan pada tanggal yang sudah ditentukan (hari Jumat dan Sabtu) dengan durasi 180 menit per hari. Jadwal pertemuan diinformasikan pada waktu pendaftaran dan bersifat wajib untuk diikuti.
- Tugas modul diunggah melalui G-Classroom dengan tenggat waktu pengerjaan selama 2 bulan sejak tanggal pertemuan terakhir.
Idealnya, memang dimulai dengan BCP, kemudian dilanjutkan dengan TCP atau PCP. Tetapi, Anda tetap bisa memulai kapan saja dari jadwal program yang sedang berjalan.
Kelas BCP biasanya dimulai pada bulan November
Kelas TCP/PCP (PCP hanya diadakan 2 tahun 1 kali) biasanya dimulai pada bulan Mei
Pendaftaran untuk masing-masing kelas dibuka sebulan sebelum kelas dimulai.
Paket 4 Modul BCP | Paket 4 Modul TCP/PCP | |
Admission Fee | IDR 300.000 | |
Member | IDR 3.000.000 | IDR 4.500.000 |
Non Member | IDR 4.000.000 | IDR 5.500.000 |
Per Modul | IDR 1.500.000 | IDR 1.500.000 |
ver. 14 Oktober 2022
Ada dua hal utama yang perlu diketahui oleh mereka yang sudah menyelesaikan program CEC:
- Program Master lihat di tautan berikut acsi.id/cec-m-ed
- Continuing Education Units (CEU) – lihat di tautan berikut acsi.id/ceu